Operasikan Panggilan Smart Rescue Madani

DPKP Pekanbaru Latih Enam Personil 

Kepala DPKP Kota Pekanbaru, Burhan Gurning saat mendampingi Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT saat memperlihatkan layanan Smart Rescue belum lama ini.

PEKANBARU--(KIBLATRIAU.COM)--Guna memaksimalkan penanggulangan bencana kebakaran ataupun pertolongan pada masyarakat yang membutuhkan bantuan,  Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan (DPKP) Kota Pekanbaru telah merancang panggilan cepat Smart Rescue Madani. Sementara itu, untuk pengoperasiannya, pihak DPKP akan melatih sebanyak enam personil. Kepala DPKP Kota Pekanbaru, Burhan Gurning mengatakan, bahwa panggilan cepat dapat dimanfaatkan masyarakat yang butuh bantuan dari gangguan binatang buas dan sebagiannya. 'Layanan ini bukan hanya untuk mengantisipasi kebakaran gedung saja, tetapi termasuk binatang buas, binatang berbisa, pertolongan pada orang yang mau bunuh diri atau tewas tenggelam. Dan ini panggilan cepat. makanya enam anggota dilatih oleh tim IT, dua orang setiap pleton. Untuk operator IT khusus. Untuk menerima laporan masyarakat dua orang per pleton,'' terang Burhan Gurning kepada wartawan, Senin (21/1/2019).


Burhan menjelaskan, jauh hari dirinya sudah merancang panggilan cepat dengan anggaran Rp 350 juta tersebut. ''Ya dari kemaren sudah saya minta ke pak wali untuk dianggarkan. Setiap eselon II diminta ada perubahan yang bisa dimanfaatkan untuk kantornya, itu cakupan paling kecil. Kalau bisa untuk daerah atau tingkat nasional,'' ungkap Burhan. Diterangkan Burhan, selain DPKP dalam penanganan bencana, ikut terlibat pihak kepolisian dan PLN. "Kita kerjasama denganp polisi dan PLN. Bagaimana koordinasi yang cepat di lapangan. Karena ini yang kita harapkan. Sedangkan Smart Rescue Madani peluncurannya akan dilaksanakan di Hut ke 100 Damkar nanti.'' tutup Burhan .(Fr/Hen)
 


Berita Lainnya...

Tulis Komentar